Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, May 24, 2023

Perbanyaklah Membaca Sirah Nabi ﷺ

Perbanyaklah Membaca Sirah Nabi ﷺ

Bismillah...

Perbanyaklah membaca sirah Nabi ﷺ, terutama pada fase dakwah di Mekah sebelum hijrah, itu akan menjadikan kita semakin tegar menghadapi cobaan dalam berdakwah..

Karena, biasanya orang yang membawa kebenaran dan memperjuangkannya, dia akan mendapatkan cobaan dan rintangan sebagaimana pendahulunya..

▪️ JIKA ADA YANG DIBOIKOT KARENA DAKWAHNYA

Maka ingatlah bahwa Beliau ﷺ dan para sahabat radhiyallahu'anhum juga pernah diboikot, bahkan hingga tiga tahun lamanya, sampai-sampai mereka harus makan dedaunan. [Lihat: Sirah Ibnu Hisyam 1/388]

▪️ BILA ADA YANG DITUDUH PENDUSTA DAN TUKANG SIHIR

Maka ingatlah bahwa Nabi ﷺ juga pernah dituduh demikian, bahkan Allah Ta'ala abadikan hal itu dalam Al-Qur’an (yang artinya),

Mereka (orang-orang kafir) heran dengan datangnya seorang pemberi peringatan (Rasul) dari kalangan mereka sendiri, dan orang-orang kafir itu mengatakan: ‘orang ini adalah tukang sihir, tukang dusta’.” (Qs. Shad: 4)

Bahkan Beliau ﷺ sampai dikatakan gila oleh para penentang dakwahnya. Allah Ta'ala juga abadikan hal ini dalam kitab-Nya (yang artinya),

Mereka (orang-orang kafir) itu mengatakan: wahai orang yang diturunkan kepadanya Adz-Dzikr (Alqur’an), sungguh kamu benar-benar gila“. (QS. Al-Hijr: 6)

▪️ JIKA ADA YANG DITUDUH MEMECAH BELAH UMAT

Maka Beliau ﷺ juga dahulu telah menerima hal yang sama. Ketika itu ‘Utbah bin Rabi’ah pernah mengatakan kepada Beliau ﷺ,

Sungguh kamu telah datang kepada kaummu dengan masalah besar, dengannya kamu PECAH BELAH persatuan mereka, kamu rendahkan kedudukan mereka, kamu cela Tuhan dan agama mereka, dan kamu KAFIRKAN nenek moyang mereka“. (Lihat: Sirah Ibnu Hisyam, 1/359)

▪️ BILA ADA YANG DIUSIR DARI TEMPAT TINGGALNYA

Maka ingatlah bahwa Beliau ﷺ juga akhirnya terusir dari kota kelahirannya (Mekah) yang sangat Beliau ﷺ cintai, ketika akan berpisah dengan kota suci itu, beliau ﷺ mengatakan (yang artinya),

Betapa baiknya engkau sebagai negeri, dan betapa cintanya diriku kepadamu, seandainya bukan karena kaumku mengeluarkanku darimu, tentu aku tidak akan menetap di tempat selainmu“. (HR. Attirmidzi: 3926, shahih)

Bahkan di banyak kesempatan Beliau ﷺ dan para sahabatnya harus berperang dengan para penentang tersebut. Tidak lain, tujuannya adalah agar dakwah tetap bisa berlangsung dengan baik, dan kebenaran bisa sampai kepada umat manusia. Oleh karenanya dalam perang badar Beliau ﷺ bermunajat (yang artinya), 

Ya Allah, jika pasukanku dari kaum muslimin ini binasa; Engkau tidak akan lagi disembah di muka bumi ini“. (HR. Muslim: 1763)

Dan masih banyak lagi rintangan dan gangguan yang Beliau ﷺ alami. Meski demikian, Beliau ﷺ tetap saja maju di jalan dakwah yang terjal tersebut, karena itulah jalan kemuliaan di dunia dan di akhirat..

Siapa pun yang ingin mendapatkan kemuliaan seperti Beliau ﷺ, maka ikutilah jalan Beliau ﷺ.


✒️Ustadz Dr. Musyaffa' Ad Dariny, MA حفظه الله تعالى

(Dewan Pembina Yayasan Risalah Islam)

Dibagikan Oleh : Mutiara Risalah Islam

http://t.me/mutiararisalahislam

Semoga bermanfaat..

جزاكم الله خيرا وبارك الله فيكم

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive