Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Saturday, September 30, 2023

Apakah Perayaan Maulid Nabi Sesuatu Yang Baik Yang Bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah Dan Surga?

Apakah Perayaan Maulid Nabi Sesuatu Yang Baik Yang Bisa Mendekatkan Diri Kepada Allah Dan Surga?
Bismillah...

Sekiranya acara perayaan maulid itu sesuatu yang baik yang bisa mendekatkan diri kepada Allah dan surga, tentulah Nabi shallallahu alaihi wa sallam telah memerintahkan atau menyampaikan kepada para sahabat dan umatnya untuk mengadakan peringatan acara perayaan Maulid Nabi. 

Karena segala sesuatu yang mendekatkan diri kepada Allah dan kepada surga telah diperintahkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan segala sesuatu yang menjauhkan dari Allah dan mendekatkan kepada neraka telah beliau melarangnya. Dan segala sesuatu kebaikan semuanya sudah ditunjukkan dan segala keburukan, semuanya sudah diperingatkan. 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

ما تركت شيئاً يقربكم إلى الله إلا وأمرتكم به، وما تركت شيئاً يبعدكم عن الله إلا وقد نهيتكم عنه .

"Tidaklah aku meninggalkan sesuatu yang mendekatkan kalian kepada Allah melainkan telah aku perintahkan kalian dengannya dan tidaklah aku tinggalkan sesuatu yang dapat menjauhkan kalian dari Allah melainkan sungguh telah aku larang kalian darinya." (Riwayat At-Thabrani - Shahih Lighoirihi). 

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

ما تركت من شيء يقربكم إلى الجنة إلا وقد حدثتكم به، ولا تركت من شيء يبعدكم عن النار إلا وقد حدثتكم به

"Tidaklah aku tinggalkan dari sesuatu yang mendekatkan kalian kepada surga melainkan sungguh aku telah menyampaikan kepada kalian dengannya dan tidaklah aku tinggalkan dari sesuatu yang menjauhkan kalian dari surga melainkan sungguh telah aku sampaikan kepada kalian dengannya." (Riwayat Baihaqi. Isnad Shahih). 

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, 

إنَّهُ ليس شيءٌ يُقَرِّبُكُمْ إلى الجنةِ إلَّا قد أَمَرْتُكُمْ بهِ ، و ليس شيءٌ يُقَرِّبُكُمْ إلى النارِ إِلَّا قد نَهَيْتُكُمْ عنهُ .

"Sesungguhnya tidaklah sesuatu yang mendekatkan kalian kepada surga melainkan sungguh aku telah memerintahkan kepada kalian dengannya dan tidak lah sesuatu yang mendekatkan kalian kepada neraka melainkan aku telah melarang kalian darinya." (Riwayat Thabrani - Isnad Shahih). 

Berkata Syekh Al Albani rahimahullah, 

قوله عليه الصلاة والسلام (ما تركت شيئاً يُقربكم إلى الله إلا وأمرتكم به) إذا كان المولد خيراً، وكان مما يقربنا إلى الله زلفى فينبغي أن يكون رسول الله ﷺ قد دلّنا عليه. 

Ucapan Nabi shallallahu alaihi wa sallam (Tidaklah aku tinggalkan sesuatu, yang mendekatkan kalian kepada Allah melainkan aku telah perintahkan kepada kalian dengannya). Apabila (perayaan) maulid itu baik dan ia adalah apa-apa yang mendekatkan kita kepada Allah dengan sedekat-dekatnya, maka seharusnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam sungguh telah menunjukkan kepada kita atasnya (tentangnya).  (Al Hudaa wa An-Nuur 94).


https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid0iqaBsWGHdyxaGNXLAbYnTTf3tB5ypsnSQ8uyrzq93FufDL8HCM2Xosw3gMKNjMdl&id=100009878282155


AFM

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive