Media pembelajaran seputar sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam

La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah

Wednesday, November 8, 2023

Mutiara Salaf : Istighfar dan Taubat Adalah Solusi

Mutiara Salaf : Istighfar dan Taubat Adalah Solusi
Bismillah...

🌴🌴🌴

Ar-Robi’ Ibnu Shobih rohimahullah menceritakan,

▶️ Seorang lelaki mengadukan problem kemarau kepada al-Hasan al-Bahsri. Ia pun memberi bimbingan, “Istighfarlah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala..”, ucapnya.

▶️ Yang lain datang mengeluhkan kemiskinannya. “Istighfarlah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala..”, kata al-Hasan.

▶️ Orang lain lagi datang seraya berkata kepada al-Hasan, “Mohon berdo’alah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala, agar Dia memberi rezeki seorang anak untukku..” Al-Hasan menjawab, “Istighfarlah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala..

▶️ Yang lain lagi mengeluhkan keringnya kebun-kebun. “Istighfarlah kepada Allah subhaanahu wa ta’ala..”, kata al-Hasan.

🌴🌴🌴

Kami pun bertanya kepada al-Hasan, “Beberapa orang telah mendatangimu dengan pengaduan yang berbeda-beda, tetapi engkau menyuruh mereka semua agar beristighfar..

🌴🌴🌴

Al-Hasan menjawab, “Aku tidak berfatwa dari pikiranku sendiri. Sungguh, Allah subhaanahu wa ta’ala, berfirman dalam surah Nuh,

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارً – ١٠ يُّرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارً – ١١ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرً – ١٢

Maka aku katakan kepada mereka, “Mohonlah ampun kepada Robb kalian, sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya dengan begitu Dia akan mengirimkan hujan kepada kalian dengan berturut-turut dan memperbanyak harta dan anak-anak kalian serta mengadakan untuk kalian kebun-kebun dan mengadakan pula di dalamnya sungai-sungai untuk kalian..” (Nuh: 10-12)

(Tafsir al-Qurthubi, 18/302-303)


=====🌴🌴🌴🌴🌴=====

🌐 https://bbg-alilmu.com/archives/64971

===============================

Wallahu a'lam bishawab.

Silakan disebarluaskan tanpa mengubah isinya dan dengan tetap menyertakan sumber, semoga menjadi ladang amal kebaikan untuk kita. “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya“. [HR Muslim, 3509].

Jazaakumullahu khairan.


Share:

Popular Posts

Blog Archive